Kota Bernuansa Alami - Pagar Alam

Peta lokasi Kota Pagar Alam
                 Ini adalah perjalanan anak-anak pengurus  BEM FT Universitas Sriwijaya pada sebuah agenda penyegaran kepengurusan dan pembinaan keakraban di Kota wisata Pagar alam, Sumatera Selatan.
                  Dimana Sih Pagar Alam itu? Dari namanya saja kita sudah membayangkan sebuah desa yang dipagari oleh alam. alangkah sejuknya dan asrinya bila kita berada dikelilingi oleh alam........
                Kota Pagar Alam adalah salah satu kota di Provinsi Sumatera Selatan yang dibentuk berdasarkan Undang–Undang Nomor 8 Tahun 2001 (Lembaran Negara RI Tahun 2001 Nomor 88, Tambahan Lembaran Negara RI Nomor 4115), sebelumnya Kota Pagar Alam termasuk Kota Administratif dalam lingkungan Kabupaten Lahat. Kota ini terletak di kaki Gunung Dempo sehingga kota ini sangat kaya dengan obyek wisata. Selain itu di kota Pagar Alam juga terdapat banyak air terjun yang biasa disebut penduduk setempat curup, ada curup tujuh kenangan, curup embun dan masih banyak lagi.
             Kota Pagaralam mempunyai potensi wisata yang sangat kaya, selain wisata alam, terdapat juga lokasi-lokasi purbakala. Di Kota Pagaralam ini terdapat sedikitnya 33 air terjun dan 26 situs menhir yang sudah tercatat. Antara lain ada Batu Gong, Perkebunan teh Lereng Dempo, Sungai Lematang Indah, Air Terjun Curup Embun, Arca Manusia Purba, dll. 
Lematang Indah
               Salah satunya adalah air terjun Lematang Indah. Lokasinya begitu mudah dijangkau karena berada di tepi jalan di pinggian Kota Pagar Alam, diantara Lahat dan Kota Pagar Alam. Keindahan panorama di kawasan ini menjadi semakin menawan karena dilalui jalan yang berliku-liku dengan tikungan tajam di dekatnya. Ini ni beberapa foto-foto anak-anak BEM FT UNSRI ketika berkunjung ke Lematang Indah...

Lematang Indah
          Pengunjung yang hendak melihat air terjun setinggi 40 meter, bahkan bisa menyaksikannya dari tepi jalan persis di tikungan paling tajam. Bagi pengunjung yang ingin meihat lebih dekat dan mersakan cipratan air terjun, dari lokasi tepi jalan berliku bisa turun melalui tangga batu hingga ke sekitar dasar air terjun. Pengunjung hendak turun melalui tangga cukup membayar tiket masuk ke dalam kawasan air terjun seharga Rp. 1000,-. Lokasi ini juga sering digunakan sebagai objek Arung Jeram, event daerah maupun propinsi juga sering dilaksanakan di lokasi Air Terjun Lematang. 

             Selain Air Terjun (Curugh) Lematang masih banyak lagi yang dapat dikunjungi, diantaranya adalah Curugh Embun, Curugh Pancur, Air Terjun Tujuh Kenangan, Curugh Mangkok, Curugh Merak. Air Terjun ini terletak dalam satu kawasan di Kecamatan Pagar Alam Utara bisa juga melalui Kecamatn Pagar Alam Selatan.

Pose sebelum meninggalkan penginapan Wisma Lahat
Kondisi Air Terjun ( Cughup ) tujuh rupa, yang konon merupakan lokasi air terjun yang masih belum lama ini di temukan, dan masih sangan alami, karena belum mendapat perhatian maupun sentuhan dari pemerintah maupun penduduk setempat.


Kalau yang ini adalah wisata ke Cughub Embun ( Air terjun). Untuk menjangkaunya di perlukan tenaga extra untuk mengalahkan berpuluh-puluh anak tangga yang berkelok- kelok. Suasana nya sangatlah sejuk,,,,,,,^^

Ini adalah tempat wisata di puncak tertinggi Gunung Dempo yang terjangkau.  Di namakan Rimau, dan nterdapat patung seekor harimau. Biasanya pengunjung hanya berwisata ke puncak gunung dempo sampai sini. Namun jika mau lebik ke puncak lagi diperbolehkan.

Cughub embun

Lematang Indah




0 comments:

Post a Comment

You are number :

It's me

My Photo
oya'
I was an architectural engineering student at Sriwijaya University...Simple.My greats inspiation is my family. One word from me, time is not limited, but our time is limited. So,do the best we can..!!
View my complete profile

Copyright © 2012 my sketchesTemplate by :Urangkurai.Powered by Blogger.Please upgrade to a Modern Browser.