Say No To Racism Piala Eropa 2012


Euforia para pecinta sepak bola saat ini sedang ramai-ramainya menyambut UEFA 2012.
Siapa yang tidak tahu dengan turmament besar sepak bola ini??

Kejuaraan Sepak Bola Eropa UEFA 2012, atau lebih dikenal dengan Euro 2012, akan menjadi kejuaraan sepak bola antar tim nasional negara Eropa ke-14 yang diselenggarakan oleh UEFA. Putaran final akan diselenggarakan oleh Polandia dan Ukraina pada tanggal 8 Juni hingga 1 Juli 2012. Ini adalah pertama kalinya bagi kedua negara (Polandia dan Uraina) menyelenggarakan suatu turnamen besar.

Jika berbicara tentang sepak bola, maka yang akan ada dipikiran kita adalah suatu permainan olahraga di lapangan besar untuk menggiring bola yang hanya berjumlah satu, sementara pemainnya berjumlah 22 orang, terdiri dari dua tim yang saling berkompetisi. Sungguh memukau pertandingan ini. Di Indonesia saja, banyak kita lihat dari anak-anak kecil, smapai orang tua, baik pria ataupun juga ada wanita sangat antusias  menyaksikan permainan ini. Sepakbola secara universal dan sepatutnya dikenal sebagai 'permainan indah'. Tetapi bahkan yang paling indah dari hal memiliki cacat jelek, dan sepak bola, yang tidak terkecuali, memiliki rasisme. 

Apa sih Rasisme???

Rasisme berdasarkan Wikipedia adalah suatu sistem kepercayaan atau doktrin yang menyatakan bahwa perbedaan biologis yang melekat pada ras manusia menentukan pencapaian budaya atau individu – bahwa suatu ras tertentu lebih superior dan memiliki hak untuk mengatur ras yang lainnya. Ha ini tentu saja sangat tidak di anjurkan, karena dengan adanya rasisme tersebut justru akan memacu adanya perpecahan. Dan juga rasisme telah menjadi faktor pendorong diskriminasi sosial, segregasi dan kekerasan rasial .


Tentu hal ini sangat merugikan siapa pun. Karena pada dasarya setiap ras itu adalah sama. sikap rasisme inilah yang justru nantinya akan menambah kekacauan didunia persepakbola dunia. tentu hal ini harus dihilangkan. Karena dengan ketidakadanya rasisme ini tentu suasana kompetisi dalam dunia sepak bola akan terasa lebih sportif, sesuai dengan apa yang kita inginkan. Berikut merupakan sejumlah insiden rasisme, termasuk teriakan dan kekerasan antikulit berwarna, yang terjadi di negara tuan rumah Piala Eropa 2012, Ukraina.

 


Inggris adalah negara pertama yang melakukan upaya untuk membersihkan permainan rasisme, setidaknya dalam bentuknya yang paling jelas, dengan berdirinya 'Rasisme Jurus Mari kita keluar dari Sepakbola' kampanye pada tahun 1993, diikuti dua tahun kemudian oleh peluncuran dari 'Tampilkan Rasisme Kartu Merah di utara-timur Inggris, dan Sepakbola Amerika Amerika, Rasisme Membagi proyek di Sheffield FURD sekarang terpusat terlibat dalam kampanye internasional melawan rasisme di sepak bola, melalui Football Against Racism di Eropa (FARE) jaringan.

Mendukung pernyataan FARE yang menyatakan bahwa Sepakbola adalah olahraga terbesar di dunia dan milik kita semua. Harus hak setiap orang untuk bermain, menonton dan mendiskusikan secara bebas, tanpa rasa takut. Kami ingin melihat 'permainan cantik' dimainkan tanpa diskriminasi. Tentu saja pertandingan yang seperti itu jauh akan lebih menyenangkan jika dibandingkan dengan pertandingan yang dipenuhi rasisme, baik para pemain sepak bola, maupun suportenya. Krena tindakan seperti itu justru akan mematikan lapangan.



Lihat lah cuplikan video di atas, sungguh tidak dibenarkan sikap-sikap yang seperti itu. mungkin kah kejadian- kejadian seperti itu bisa dihilangkan dari dunia persepakbola dunia???

Berikut adalah video liputan beberapa kejadian rasis dalam sepak bola Eropa Dan komentar-komentar dari pemain tentang rasisme dalam pertandingan sepak bola. Carlos Kameni, Marc Zoro, Samuel Eto'o, Thierry Henry dan Sepp Blatter.



Marilah kita dukung gerakan anti rasisme, khususnya dalam dunia sepak bola. karena tanpa adanya rasisme, yakin dunia persepakbola ini akan bertambah baik!! Terus majukan Dunia Sepak Bola tanpa adanya rasisme maupun diskriminasi, karena kita semua adalah SAMA..!! 

Mari kita semarakan PIALA EROPA 2012 dengan semangat kebersamaan, tanpa Rasisme. Say No To Racism Piala Eropa 2012.



"Let's Kick Racism Out of Football..!!"


2 comments:

  1. wah pendukung italia juga ya? tapi yg juara spain,, BTW Blognya bagus sister.. may be you must teach me how to make good blog :)

    ReplyDelete
  2. hahha bkan, gw dkung spain..stlh englnd klah hhe

    ReplyDelete

You are number :

It's me

My Photo
oya'
I was an architectural engineering student at Sriwijaya University...Simple.My greats inspiation is my family. One word from me, time is not limited, but our time is limited. So,do the best we can..!!
View my complete profile

Copyright © 2012 my sketchesTemplate by :Urangkurai.Powered by Blogger.Please upgrade to a Modern Browser.